in , ,

Kampus Baru Untirta diresmikan oleh Jokowi, Mengusung Konsep Baru

Kampus Baru Untirta diresmikan oleh Jokowi, Mengusung Konsep Baru

SERANG – Pembangunan kampus baru Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) di Sindangsari, Kabupaten Serang, mewakili semangat Provinsi Banten untuk memajukan pendidikan tinggi yang berkualitas di wilayahnya.

Gedung kampus baru tersebut diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya ke Banten pada Kamis (4/3/2021), kampus baru tersebut nantinya akan turut mempersiapkan kebutuhan sumber daya manusia Indonesia Maju.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan keberadaan gedung kampus yang megah harus menjadi semangat baru untuk memajukan pendidikan tinggi di Indonesia khususnya Provinsi Banten. Jokowi mengharapkan Untirta dapat menyiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul dalam bagian dari upaya Indonesia memenangkan persaingan global yang makin sengit.

“Saya lihat tadi dari depan begitu megah. Mudah-mudahan ini bisa jadi spirit kita semua dalam upaya memajukan dunia pendidikan tinggi di Provinsi Banten,”
tutur Jokowi.

Menurutnya, Untirta mewarisi nilai-nilai keteladan tokoh pahlawan Islam asal Banten yakni Sultan Ageng Tirtayasa dan Syeh Nawawi Al Bantani. nilai-nilai keteladanan keduanya merupakan simbol kolaborasi antara ulama dan umaro sebagaimana karakter masyarakat dan daerah Banten.

“Nilai-nilai keteladanan ini harus benar-benar diimplementasikaan perguruan tinggi sebagai garda terdepan ilmu pengetahuan dalam tujuan untuk memajukan masyarakat dan daerah,” kata Jokowi.

Kampus baru Untirta dibangun dengan menerapkan konsep baru yakni  Smart and Green, dibuktikan dengan lingkungan kampusnya yang terdiri atas 12 bangunan. Seperti penyediaan fasilitas, shuttle bus untuk mobilitas para Mahasiswa/i kampus dan meniadakan akses terhadap kendaraan pribadi di lingkungan kampus, hingga didukung oleh teknologi ramah lingkungan lainnya.

Jokowi berpesan agar Untirta sebagai perguruan tinggi tidak menjadi menara gading yang jauh dari masyarakat, melainkan sebaliknya harus menjadi menara air yang mengalirkan air tiada henti dan secara merata serta menyeluruh kepada semua lapisan masyarakat. “Kuncinya terbuka berkolaborasi untuk melakukan penelitian-penelitian bagi kepentingan masyarakat banyak,” kata Jokowi.

Sementara itu, rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang sejak awal pembangunan kampus baru tersebut memberikan dukungan penuh dalam rangka meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat di Provinsi Banten. Ia juga menyatakan kesiapan Untirta untuk turut menyukseskan program pembangunan sumber daya manusia
sebagaimana yang menjadi program prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo periode kedua ini.

“Insyaallah dari sini sesuai dengan fokus pembangunan di periode kedua Pak Jokowi, yaitu pengembangan SDM, Untirta siap membantu menyukseskan program itu dengan membangun SDM yang siap berkompetisi dan berdaya saing secara global dan juga memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi untuk menjaga keutuhan NKRI,” ucapnya.

Usai acara Peresmian, Wagub Provinsi Banten Andika kepada pers mengatakan bahwa dirinya mewakili masyarakat Banten mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah pusat yang telah membantu mewujudkan cita-cita masyarakat Banten untuk memiliki perguruan tinggi berkelas dunia.

“Tadi dikatakan Pak Presiden mudah-mudahan dengan kemegahan kampus baru ini, bisa jadi spirit dalam upaya menjadikan Untirta menjadi perguruan tinggi berkelas dunia,” kata Andika.

Resmi Dirilis 4 Maret lalu, Inilah Spesifikasi Redmi Note 10

Viral! Fenomena Cincin Matahari Hebohkan Langit Kota Pare-Pare